Sabtu, 10 Oktober 2020

Perjuangan Mensosialisasikan Rumah Belajar

   Sesuai tugas yang diberikan di pembaTIK level 4 Berbagi bahwa setiap peserta harus mensosialisasikan mengenai inovasi pembelajaran menggunakan Portal Rumah Belajar, maka saya berencana melakukannya secara tatap muka karena terbatasnya koneksi internet dan jaringan listrik di tempat saya bertugas. Saya berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai via Telepon (perlu waktu 8 jam menuju ibu kota kabupaten menggunakan kapal). Kepala Dinas Pendidikan menyambut baik akan kegiatan yang saya lakukan dan diputuskan kegiatan dilakukan di SDN 38 pada tanggal 8-10 Oktober 2020.

   Gambar 1. SDN 38 Sikakap 

         Tanggal 6 Oktober 2020 saya berangkat dari Desa Malakopa (Tempat saya bertugas) menuju SDN 38 Sikakap. Jarak yang harus saya tempuh sekitar 35 Km. dengan kondisi jalan belum dilakukan pengerasan dan sebagian bahu jalan berlumpur, butuh waktu 2 jam untuk menuju lokasi SDN 38 Sikakap.



        Setelah saya sampai di lokasi yang saya tuju, saya menjumpai ibu kepala SDN 38 Sikakap yaitu ibu Nelvia untuk memberi tahu akan pelaksanaan kegiatan sosialisasi rumah belajar di sekolah yang beliau pimpin. Beliau sangat menyambut baik kegiatan yang akan saya adakan ini. Dikarenakan jumlah guru yang ada di sekolah beliau kurang dari 20 orang (syarat minimal peserta sosialisasi 20 orang), maka saya mengundang beberapa guru lain untuk ikut dalam kegiatan sosialisasi ini. Saya mengundang beberapa guru dari SD lain agar jumlah peserta tercukupi. Akhirnya sekitar 10 orang dari beberapa SD bersedia hadir untuk mengikuti kegiatan ini.

          Walaupun kondisi yang sulit untuk melakukan sosialisasi, tetapi saya tetap semangat untuk mensosialisasikan kepada guru-guru di Kabupaten Kepulauan Mentawai mengenai Portal Rumah Belajar. Terima Kasih saya ucapkan kepada kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Ibu Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan atas dukungannya kepada saya dalam melakukan kegiatan sosialisasi Portal Rumah Belajar. Terima kasih juga saya sampaikan kepada Kepala SDN 38 Sikakap atas izin yang diberikan kepada saya untuk melakukan sosialisasi di Sekolah SDN 38 Sikakap.


        



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terma kasih atas komentarnya